welcome

Selasa, 16 Agustus 2011


Materi kuliah PTI Ke 12 “MULTI MEDIA”

Sejarah Multi Media

Istilah multimedia berawal dari teater, bukan computer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia. 
Pengertian Multimedia Kata multi berarti banyak dan media adalah sarana berkomunikasi untuk melewatkan informasi. Mutimedia dapat diartikan penggunaan computer untuk menggabungkan kombinasi dari dari satu atau lebih text, gambar, animasi,  audio video dan content interactive .
Suatu sistem yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak dan alat – alat lain seperti televisi, monitor video dan sistem piringan optik atau sistem stereo yang dimaksudkan untuk menghasilkan penyajian audio visual yang utuh.

Alasan pentingya multimedia:
1. Variety    : Melakukan variasi dalam penampilan di web pages, tidak ada seorangpun yang     ingin melihat halaman teks yang membosankan.
2. Dynamic    : Menyampaikan detail pesan melalui sebuah gambar
3. Rapport     : Mengizinkan pengunjung untuk memasang tentangnya di nama/situs anda
4. Represent  : Berikan topik anda yang spesifik agar dapat terlihat di media lain

Perkembangan Multimedia

Menurut penelitian Morgan Stanley, di AS untuk mencapai 50 juta pengguna dibutuhkan waktu selama:
13 tahun untuk Televisi, 10 tahun untuk TV Kabel dan 5 tahun untuk internet. Perkembangan internet berbanding lurus dengan perkembangan multimedia dimana jumlah pengguna internet meningkat sangat pesat.
  • Layanan multimedia online sedang mengalami booming
  • Teknologi Komputer, elektronik, dan komunikasi menciptakan infrastuktur multimedia
  • Pengguna CD-Rom drive mencapai lebuh dari 200 juta dan DVD drive mulai menggantikan CD-ROM drive 
Peranan Multimedia
Lembaga riset dan penerbitan komputer yaitu Computer Technology Research (CTR) menyatakan bahwa orang hanya mampu mengingat  10% dari apa yang didengar 20 %  dari yang dilihat  (teks dan visual) dan 50 % dari yang didengar dan dilihat (audio-visual). Dalam pengaplikasiannya:
1.  Bidang Pendidikan : menyampaikan bahan pengajaran terjadi secara interaktif & dapat dipermudah karena didukung oleh berbagai aspek seperti suara, video, animasi, teks dan grafik
2.   Bidang Jaringan dan Internet : membantu dalam pembuatan website yang menarik, informatif dan interaktif

Kemampuan Multimedia
1.       Mengubah tempat kerja dengan adanya teleworking /telecommuting pekerja dapat melakukan pekerjaannya diluar kantor Contoh: Tele-Conference
2.       Mengubah cara belanja yaitu homesgopping/ teleshopping transaksi dapat dilakukan dengan menggunakan web online shopping melalui internet
3.       Mengubah cara bisnis yaitu perusahaan menggunakan sistem jual beli online & bank menggunakan cara online-banking
4.       Mengubah informasi yaitu menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi, misalnya: membaca Koran online
5.       Mengubah cara belajar melalui media belajar online belajar online, & penggunaan e-book
6.       Internet multimedia mulai bersaing dengan televisi dan radio.
 
Sistem Multimedia
Syarat Sistem Multimedia
1.    Kombinasi Media   : penggunaan 2 jenis media secara continous/discrete
2.    Independence        : tidak adanya ketergantungan/ keterkaitan antar media yg berbeda
       3.    Computer-supported Intergration : system harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh computer. Sistem dapat deprogram oleh user 
 
Pembagian Sistem Multimedia
  1. Sistem Multimedia Stand Alone, merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk,CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat input (keyboard, mouse, scanner, mic), & output (speaker, monitor, LCD proyektor), VGA & soundtrack
  2. Sistem Multimedia Berbasis Jaringan, system ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwidth yang besar, perbedaannya adalah adanya sharing system & pengaksesan terhadap sumber daya yg sama,
Contoh: video conference, permasalahannya bila bandwidth kecil akan terjadi kemacetan jaringan (traffic network).

STAND ALONE MULTIMEDIA vs MULTIMEDIA BASED ON NETWORK (1)
Stand Alone Multimedia memiliki I/O Device untuk menangkap data multimedia yg akan diproses tapi untuk pelaksanaan proses playback dilakuakan pemisahan antara media yg bergantung dengan waktu media dgn media yang tidak tergantunh pada waktu.
Multimedia Based on Network: harus berhubungan dengan jaringan dan mampu melakukan sharing system dengan sumber data yang sama dimana computer yang satu dapat melayani kebutuhan data multimedia dari computer lain yang terhubung dalam jaringan sehinnga dapat dijalankan aplikasi multimedia terdistribusi.

Komputer Multimedia 
Merupakan standar sistem komputer yang menyediakan fasilitas multimedia. Multimedia PC (standar) terdiri atas sebuah computer dengan: CD-ROM Drive/DVD Drive, Sount Card (untuk recording & playback), Multimedia (music/movie) player dan lain lain


Kemampuan Multimedia

·         Mengubah tempat kerja yaitu pekerja dapat melakukan pekerjaannya diluar kantor dengan menggunakan software teleworking, contoh: Netmeeting
·         Mengubah cara belanja yaituhomesgopping/ teleshopping dapat dilakukan dengan menggunakan internet
·         Mengubah cara bisnis yaitu perusahaan menggunakan sistem jual beli online & bank menggunakan cara online-banking
·         Mengubah informasi yaitu menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi, misalnya: membaca Koran online
·         Mengubah cara belajar yaitu sekolah mulai menggunakan computer multimedia, belajar online, & menggunakan e-book
internet multimedia mulai bersaimg televise dan radio.

Media Pembelajaran
a. Media: Medium atau perantara
b. Media Komunikasi: perantara penyampai pesan atau informasi
Jadi Media Pembelajaran: sarana komunikasi untuk menyampaikan materi pembelajaran.

Peran Media dalam Pembelajaran
a. Membuat kongkrit konsep yang abstrak
b. Mengetengahkan bagian tertentu yang dianggap penting
c. Memberikan pengganti pengalaman langsung
d. Mendekatkan obyek yang sukar atau berbahaya untuk didekati
e. Memberikan pemgalaman segi pengamatan
f. Menyajikan perbedaan warna secara visual
g. Menyajiakan informasi yang memerlukan gerak

Pemanfaatan Media
Integrasi, Konfergensi dan Interaktif sehingga multimedia interaktif menjawab tantangan pemanfaatan media yang terintegrasi, konfergensi dan interaktif.

Bentuk Penggunaan Komputer
Media dalam pembelajaran memiliki fungsi untuk memperjelas pesan disampaikan guru & pembelajaran individual dimana kedudukan media sepenuhnnya melayani kebutuhan belajar siswa (pola bermedia) yaitu ultimedia presentasi & multimedia interaktif.

1. Multimedia Presentasi
digunakan untuk menjelaskan materi- materi yang sifatnya teoritis,
Digunakan dalam pembelajaran klasikal dengan group belajar yang cukup banyak diatas 50 orang
Media ini cukup efektif sebab menggunakan multimedia projector yang memiliki jangkuan pancar cukup besar
Kelebihan: menggabungkan semua unsur media seperti teks, video, animasi, image, grafik, dan sound menjadi satu kesatuan penyajian, sehinnga mengakomodasi sesuai dengan modalitas belajar siswa
Program ini dapat mengakomodasi siswa yang memiliki tipe visual, auditrif maupun kinestetik.
2. Multimedia Interaktif (MMI)
  • Suatu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (message), merangsang pikiran, penasaran, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar (Muhammad Setiawan dalam Samsudin, 2008)” .
  • Unsur- unsurnya berupa teks, gambar, grafik, animasi, audio, dan video.
Manfaat Multimedia Interaktif
a.Meningkatkan motivasi belajar siswa, meningkatkan hasil belajar siswa, mereduksi miskonsepsi siswa, serta mengembangkan kompetensi guru
b.Siswa merasa tertolong dengan penggunaan MMI dalam hal memvisualisasikan konsep- konsep yang bersifat abstrak menjadi lebih konkrit (Lee, Nicoll, & Brooks, 2005)
c.Meningkatkan penguasaan konsep, keterampilan berpikir kreatif dan keterampilan proses sains siswa SMP (Kartini, 2006)
d.Model pembelajaran MMI dapat meningkatkan nilai para siswa (konsep), sikap mereka terhadap belajar, dan evaluasi dari pengalaman belajar mereka (Hendrawan & Yudhoatmojo, 2001)
e.Multimedia pembelajaran dapat meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa dengan taraf kepercayaan 95% (Eni Nuraebi, 2006)

MMI dalam pembelajaran dan tantangannya
a.Guru dapat mengadopsi, mengembangkan, membuat sendiri dan dapat menerapkan dikelas.
b.Contoh mengadopsi & menembangkan; menggunakan internet & CD pembelajaran.

MODEL MEDIA INTERAKTIF

Model Drill                 : salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih kongkrit melalui penciptaan tiruan- tiruan bentuk pengalaman yabg mendekati suasana yang sebenarnya, biasanya dalam bentuk latihan soal- soal.
Model Tutorial         : merupakan program pembelajaran berisi tujuan, materi pelajaran, dan evaluasi pembelajaran dan pola dasarnya mengikuti pengajaran berprograma dan pola dasarnya mengikuti pengajaran berprogma tipe Branching dimana informasi/mata pelajaran disajikan dalam unit- unit kecil, lalu disusul dengan pertanyaan dan respon jawaban dari komputer.
Model Simulasi        : Merupakan salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih kongkrit melalui penciptaan simulasi- simulasi dalam bentuk pengalaman yang mendekati suasana yang sebenarnya.
Model Games           : dikembangkan atas dasar “pembelajaran yang menyenangkan”, dimana peserta didik akan dihadapkan pada beberapa petunjuk dan aturan permainan. dalam konteks pembelajaran sering disebut dengan Instructional Games (Eleanor. L. Criswell, 1989: 20).
Tantangan Multimedia Interaktif
  1. Butuh peralatan (computer, LCD, & audio system)
  2. butuh keahlian khusus (produksi & operasi)
  3. sumber listrik harus tersedia
PEMANFAATAN INTERNET DALAM PEMBELAJARAN
  1. Menjadikan internet sebagai sumber referensi materi pelajaran
  2. Memanfaatkan blog yang dikelola guru/ pengajar
  3. Tiap peserta didik & guru mengelola blog masing- masing
  4. Menggunakan sarana jejaring social (facebook atau twitter)
  5. Menggunakan Learning Management System (LMS)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar