welcome

Rabu, 17 Agustus 2011

Materi kuliah PTI Ke 11 “INTERNET”


Materi kuliah PTI Ke 11 “INTERNET”

Internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Internet merupaka jaringan komputer yang saling terhubung ke seluruh dunia dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
Secara fisik internet adalah interkoneksi antar jaringan komputer namun secara umum internet harus dipandang sebagaisumber daya informasi (Lani Sidharta, 1996). Isi internet adalah informasi sebagai suatu database yang sangat lengkap dan dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain (maya) karena hampir seluruh aspek kemapanan yang ada dalam dunia nyata ada di internet

Akses Internet
          
                     1. Akses Dial-up connection atau dial-up
Akses internet dengan menggunakan fixline telephone atau jalur telehone tetap. Pertama-tama,komputer melalui modem melakukan pemanggilan telepon (dial-up) ke penyelenggara jasa internet. Setelah terhubung maka komputer dapat segera mengakses internet dan kemudian mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan telepon. Contoh TelkomNetInstan 

          2. Akses ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line
ADSL merupakan teknologi setelah penggunaan akses dial-up connection. Akses Internet ini menggunakan kabel tembaga yang mempunyai bandwith besar. Kecepatan Downstream lebih besar daripada Upstream, oleh karena ini ADSL lebih cocok untuk kalangan rumah tangga. Karena pada kalangan rumah tangga umumnya lebih banyak kegiatan menerima, dibandingkan kegiatan mengirim. Seperti mendownload data, gambar, musik, ataupun video. Contoh : Telkom Speedy

3.      Akses Internet Mobile
Penggunan internet melalui media mobile seperti handphone yang bekerjasama dengan provider/operator telephone untuk membayar jenis layanan internet yang akan digunakan.

4.      Akses Internet Wireless
Wireless (WiFi/Wireless Fidelity), merupakan teknologi yang memungkinkan sejumlah komputer terhubung dalam sebuah jaringan tanpa kabel.

5.      Akses Internet Hotspot
Hotspot merupakan jangkauan dari jaringan wiFi. Terletak pada lokasi strategis yang cakupan wilayahnya dapat diatur dan tidak dapat sembangan orang mengaksesnya, biasanya terdapat id user atau password untuk login.


Istilah-istilah Internet
  • ·        ISP
ISP (Internet service provider) merupakan perusahaan yang melayani seseorang, kantor dan organisasi dapat menggunakan internet
  • ·         Modem
Modem (Modulation demodulation), yaitu alat yang digunakan untuk merubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya

  • ·   World Wide Web/ WWW
Web adalah suatu ruang informasi dimana sumber-sumber daya yang berguna diidentifikasi oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier ( URI ). Web sering dianggap identik dengan internet dan merupakan bagian dari internet tersebut. Halaman web biasanya diatur dalam koleksi material yang berkaitan yang disebut dengan situsweb. Monitor menampilkan halaman web dari suatu server web yang diambil informasinya oleh browser web.

Halaman web merupakan file teks murni ( plain text) yang berisi sintaks-sintaks HTML yang dapat dibuka atau dilihat dengan internet browser. Kegiatan pemindahan halaman untuk pindah ke dokumen lain atau bahkan mengirim informasi kembali kepada server untuk berinteraksi dengannya sering disebut dengan surfing atau berselancar. Halaman-halaman dari sebuah situs internet atu web diakses dari sebuah URL ( Uniform Resource Locator ) yang menjadi akar ( root ) yang disebut homepage dan biasanya disimpan dalam server yang sama


  • ·      Web Browser
Internet Web Browser

Browser adalah sebuah program aplikasi atau software yang merequest dokumen dari computer-komputer yang terkoneksi internet ( server ) di seluruh dunia dan menampilkan informasi dari dokumen tersebut pada window browser. Browser memampilkan sesuai intruksi ( format ) HTML yang dibuat pada dokumen tersebut.

Konsep pemprogramanan web adalah membuat aplikasi berbasis web. Aplikasi berbasis web dibuat dengan memanfaatkan mekanisme dan aplikasi yang sudah ada pada sistem web (www). Sistem web sebenarnya merupakan aplikasi yang berarsitektur client-server. Pemrograman web menggunakan protocol HTTP ( HyperText Transfer Protocol ) dalam komunikasi antara client dan server yang mempunyai fungsi untuk mengambi atau menjalankan isi file dokumen web di sisi server dan menampilkannya di sisi client.


Server berfungsi menyediakan dokumen web, mengeksekusi dokumen web yang bersifat server side ( php, asp, jsp ) dan menerjemahkan ke dalam bentuk yang bisa dipahami oleh web browser di client, memiliki service ( program ) web server ( IIS, Apache dan sebagainya ) memberikan respon ke client

Client berfungsi mengambil dokumen web, mengeksekusi dokumen web yang bersifat client side ( javasript, html, css). Memiliki web browser untuk menerjemahkan dokumen web ke bentuk yang “manusiawi”, mengrimkan request ke server.

MANFAAT INTERNET

·         SEARCH ENGINE
Merupakan sebuah situs khusus yang dirancang untuk menyimpan katalog serta menyusun daftar alamat di internet berdasarkan internet. Search engine dapat juga disebut “robot” yang menjelajahi Web untuk mencari webpages yang baru. Robot ini yang dibaca webpages dan menaruh teks (atau bagian bacaan) ke dalam suatu index atau database yang besar dimana anda boleh mengakses.
Contoh: Google, Yahoo! Search MSN and Ask. Adapun beberapa cara Search Engine:

·         EMAIL
E-mail: electronic mail (surat elektronik)
• Cepat, murah dan mudah
• Mengirim pesan dari satu komputer ke komputer lain di seluruh penjuru dunia, kapan saja dan dari mana saja.
• Pesan: tulisan, gambar, suara dan video
• Cara kerja: non stop
• Anatomi e-mail: To (Alamat e-mail tujuan), Cc (Alamat e-mail tujuan), Subject (Judul), Isi surat/pesan, tandatangan.
• Jenis e-mail
Webmail: berbasis Web, dibaca secara online atau offline, dapat diakses dimana saja.
Pop mail: menggunakan outlook, dibaca off-line, diakses dari komputer tertentu

Manfaat email:
  • Media belajar online
  • Media kreaitivitas di dunia teknologi
  • Jual beli
  • Melamar pekerjaan
  • Media informasi dan komunikasi yang infocentris,mudah, hemat dan cepat antar civitas akademik
  • Mempererat hubungan solidaritas persahabatan dan persaudaraan tanpa batas
  • Perkembanan TI


CHATTING
Adalah suatu bentuk komunikasi di internet yang dciptakan untuk komunikasi kelompok di tempat diskusi yang dinamakan channel (saluran) tetapi juga bisa untuk komunikasi jalur pribadi. Program chatting: mIRC (www.mirc.co.uk), Yahoo Messenger (www.yahoo.com)

JEJARING SOSIAL (SOCIAL NETWORK)
Platform berbagi dan berkolaborasi, isi Web dinamis: dikontrol oleh pengguna bukan pemilik web.
Jejaring Sosial telah ada sejak awal manusia dan semua orang memiliki jejaring sosial di lingkungan: Orang-orang dalam pekerjaan, Teman-teman dalam pergaulan, keluarga, klien, Vendor.
Jejaring sosial adalah situs yang memusatkan layanan kepada pembentukan jaringan untuk bersosialisasi antar pengguna internet untuk berbagi kesukaan dan aktifitas.

Potensi Web 2.0: perluasan jejaring sosial melampaui kelompok kelompok dari yang terdekat hingga ke seluruh dunia. Jejaring social web sebagai alat akses dan distribusi pengetahuan: web 2.0 (Wikipedias, Blogs, RSS feeds, podcasts, Instant messaging).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar